Lorenzo lahir di pulau Balearic Mallorca, Spanyol pada tanggal 4 Mei 1987. Ia
mulai mengendarai sepeda motor di rumah di usia tiga dan dalam bulan
meminum dua roda yang bersaing dalam balapan pertamanya minicross. Pada
tahun 1995, berusia delapan, ia memenangkan Balearic judul dan diikuti
bahwa sampai tahun berikutnya dengan mengambil Island minicross,
percobaan, minimoto dan SMP motorcross judul.
Lorenzo
lulus untuk balap jalanan dan kompetisi nasional pada tahun 1997 dan
tidak butuh waktu lama untuk menyesuaikan, memenangkan Piala 50cc
Aprilia pada tahun 1998. Meskipun
secara resmi menjadi terlalu muda, dispensasi khusus pada tahun 2000
memungkinkan dia untuk bersaing di seri 125cc Spanyol pada usia 13 dan
ia membuat sejarah pada tahun berikutnya ketika bersaing di Eropa dan
menjadi pemenang termuda dari ras 125cc Eropa.
Para
remaja dewasa sebelum waktunya, sekali lagi menunjukkan usia yang tidak
ada batas untuk kenaikan cepat menanjak balap sepeda motor, membuat
perampokan pertama ke panggung dunia dengan Derbi di Grand Prix Spanyol
di Jerez pada tahun 2002, putaran ketiga musim. Dia
tidak mencapai usia 15 hukum sampai hari Sabtu dan karenanya merindukan
hari pertama latihan tetapi tidak terpengaruh ini dan terkesan pedok
dengan kualifikasi untuk lomba, penyemenan posisinya di Kejuaraan Dunia
selama musim sebagai ia harus mengatasi dengan sirkuit. Para
Mallorca muda memukul waktu besar pada musim berikutnya, memenangkan
pertama 125cc Grand Prix di Rio de Janeiro dan kemudian akan memenangkan
tiga balapan musim berikut, finishing keempat pada tahun 2004 dan
mengambil penghitungan podium ke sembilan sebelum melakukan langkah ke
atas kelas seperempat liter dan beralih ke Honda mesin.
Podium
enam dan empat tiang posisi di musim rookie 250cc disegel kelima dalam
kejuaraan dan, dengan pindah ke tim pabrikan Aprilia, tahun 2006 luas
diperkirakan akan menjadi tahun-nya yang menentukan. Lorenzo
memang melampaui semua harapan di tahun 2006, mendominasi kelas dengan
delapan menang dan rekor menyamai sepuluh tiang, clinching gelar juara
dunia pertamanya meyakinkan. 2007
melihat lebih sama dan sembilan yang luar biasa posisi tiang melihatnya
menang dari setiap satu dari mereka, mengklaim gelar juara dunia kedua
di putaran kedua dari belakang di Sepang. Dia juga menjadi pembalap paling sukses Spanyol 250cc sepanjang masa dalam proses.
Dia
bergabung dengan Yamaha tahun 2008 dan meledak ke adegan MotoGP dengan
posisi tiang beredar pada putaran pembukaan di Qatar, sebelum
menyelesaikan kedua dalam lomba. Posisi
tiang kedua dan naik podium lagi di babak kedua terbukti itu adalah
kebetulan, sebelum ia pergi untuk mengambil tiang ketiga yang luar biasa
dan kemenangan perdana layak pada balapan ketiga di Estoril. Ia
kembali ke bumi dengan benjolan di Cina, saat kecelakaan dalam praktek
melihatnya patah kedua pergelangan kaki, meskipun ia berjuang untuk
menyelesaikan keempat dalam lomba sebelum kembali dengan podium lain
waktu berikutnya di Perancis.
Bagian
tengah musim sulit bagi pembalap Spanyol berusia lebih crash beberapa
meninggalkannya dengan luka lebih lanjut dan kepercayaan usang, tapi dia
tidak pernah menyerah dan berhasil kembali ke mengklaim dua podium
lagi. Ia menyelesaikan musim di posisi keempat sebagai rookie tahun, para debutan yang paling sukses sejak awal era empat-stroke. Musim
2009 menyaksikan Lorenzo mengambil empat kemenangan, berdiri di podium
sembilan kali sebuah tambahan dan hanya kehilangan sekali dalam semua 17
putaran pada kualifikasi baris depan, sebuah acara yang luar biasa dari
konsistensi. Dia
adalah penantang kejuaraan hanya Rossi di paruh kedua musim ini dan
sekali kesempatan yang hilang ia fokus pada pengamanan nomor dua tempat,
yang sepatutnya lakukan di Valencia.
Musim
2010 melihat dia mengambil mana ia tinggalkan pada tahun 2009, dengan
perjuangan untuk rekan setimnya Rossi dari lomba pertama. Segera
menjadi jelas bahwa Lorenzo adalah orang untuk mengalahkan musim lalu,
Mallorca muda melanjutkan dengan jam hingga perlombaan sembilan
mengesankan menang dalam perjalanan untuk mengamankan pertama di MotoGP
judul Kejuaraan Dunia. Dengan
demikian ia juga memecahkan rekor jumlah poin yang diterima dalam satu
musim, mengumpulkan 383 oleh balapan terakhir di Valencia.
Untuk
2011 MotoGP Championship Juara Dunia kemudian memerintah bekerja sama
dengan mitra balap baru, MotoGP 2010 Rookie of the Year Ben Spies. The Texas pindah dari theTech3 Tim Yamaha untuk bergabung pakaian Pabrik Yamaha Racing dalam tawaran untuk kemuliaan. Lorenzo
dimasukkan ke dalam pertarungan bersemangat untuk mempertahankan
gelarnya, merekam memenangkan perlombaan tiga dan total sepuluh kali
naik podium selama musim. Sebuah
kecelakaan serius saat ronde 16 di Phillip Island membawa akhir dini
untuk musim Mallorca itu, mengamankan kedua di klasemen akhir dengan 260
poin.
Tahun
2012 Yamaha Factory Racing baris tetap tidak berubah sampai dengan
Lorenzo terus Spies pasangan ketika mereka mulai era baru MotoGP 1000cc.
Sebuah
angka semakin populer dengan fans, julukan Lorenzo 'X Fuera'
(digambarkan dengan sebuah salib merah di helm), adalah sebuah referensi
terhadap gaya flamboyan menyalip luar nya
0 komentar:
Posting Komentar