Sabtu, 24 Maret 2012
Kejuaraan MotoGP adalah kelas puncak dari balap jalanan kejuaraan dunia yang dikembangkan terutama di Eropa setelah FIM (Federation Internationale de Motocyclisme) mengkonsolidasi peraturan untuk kompetisi sepeda motor untuk pertama kalinya pada tahun 1949. Di masa lalu, kelas puncak adalah kelas 500cc dari Jalan Balap Kejuaraan Dunia, tetapi pada tahun 2002 peraturan tersebut diubah untuk menciptakan kelas MotoGP di mana 2-tak mesin hingga 500 cc dan 4-tak mesin hingga 990 cc berkompetisi bersama.
Peraturan tersebut berubah lagi pada tahun 2004 untuk membatasi kelas MotoGP untuk 4-tak mesin saja, dan batas perpindahan dikurangi menjadi 800 cc dalam regulasi dari musim 2007. Sejak itu, peraturan baru juga telah membuat pembuat tunggal satu-satunya pemasok ban untuk MotoGP, membatasi jumlah ban yang dapat digunakan oleh sebuah tim selama seminggu ras dan mengurangi jumlah hari tes. Pada tahun 2010, peraturan diubah untuk membatasi jumlah mesin pengendara tunggal dapat digunakan saat musim menjadi enam. 2011 adalah yang terakhir untuk 800cc mesin, dengan berubah peraturan untuk 2012 untuk memungkinkan sepeda 1000cc ke grid.
Musim ini juga akan menjadi yang pertama untuk Tim CRT baru (Mengklaim Tim Peraturan). Dalam upaya untuk mengurangi biaya masuk ke kelas utama balap, tim CRT akan mendapatkan keuntungan dari penggunaan tunjangan bahan bakar lebih besar dari pabrik dan tim satelit didirikan (24litres bukan 21) dan akan diizinkan lebih banyak mesin di seluruh musim (delapan bukan enam). Tim CRT dalam kelas MotoGP juga akan berhak untuk membeli mesin dari sepeda pesaing CRT dengan harga tetap sebesar 15.000 euro. Sementara CRT chassis perlu menjadi prototipe, tim berhak untuk menggunakan produksi berbasis mesin.
Dengan semua perubahan ini, MotoGP kini telah memasuki era baru. Kedua pabrik penuh dan sepeda CRT akan memiliki sasis ringan sekitar 150kg, mesin-mesin mencapai output maksimum lebih dari 220 hp dan mencapai kecepatan lebih dari 340km/hr. Teknologi kontrol elektronik terbaru yang digunakan di seluruh. Pesaing bersaing untuk posisi di sekitar perlombaan 40-menit di sirkuit beraspal dengan panjang 4 5km ~, dengan lap dibatasi sampai sekitar 110 hingga 120 km.
Pengendara Italia, termasuk Valentino Rossi dan Giacomo Agostini, memiliki semua waktu terbaik catatan, memenangkan total 20 gelar dalam kelas utama. Yamaha memiliki total 15 gelar, termasuk sepuluh di GP500 dan empat di MotoGP. Pabrik Yamaha Racing memenangkan Triple Crown judul Rider Team dan Produsen tiga tahun berturut-turut, 2008 - 2010.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Gp mania Indonesia © 2011 | Design Template by Rizky wardiansyah | Template Blogger Name | Template Transparent 2.0 | Template Transparent 2.0