Kejuaraan
MotoGP adalah kelas puncak dari balap jalanan kejuaraan dunia yang
dikembangkan terutama di Eropa setelah FIM (Federation Internationale de
Motocyclisme) mengkonsolidasi peraturan untuk kompetisi sepeda motor
untuk pertama kalinya pada tahun 1949. Di
masa lalu, kelas puncak adalah kelas 500cc dari Jalan Balap Kejuaraan
Dunia, tetapi pada tahun 2002 peraturan tersebut diubah untuk
menciptakan kelas MotoGP di mana 2-tak mesin hingga 500 cc dan 4-tak
mesin hingga 990 cc berkompetisi bersama.
Peraturan
tersebut berubah lagi pada tahun 2004 untuk membatasi kelas MotoGP
untuk 4-tak mesin saja, dan batas perpindahan dikurangi menjadi 800 cc
dalam regulasi dari musim 2007. Sejak
itu, peraturan baru juga telah membuat pembuat tunggal satu-satunya
pemasok ban untuk MotoGP, membatasi jumlah ban yang dapat digunakan oleh
sebuah tim selama seminggu ras dan mengurangi jumlah hari tes. Pada tahun 2010, peraturan diubah untuk membatasi jumlah mesin pengendara tunggal dapat digunakan saat musim menjadi enam. 2011 adalah yang terakhir untuk 800cc mesin, dengan berubah peraturan untuk 2012 untuk memungkinkan sepeda 1000cc ke grid.
Musim ini juga akan menjadi yang pertama untuk Tim CRT baru (Mengklaim Tim Peraturan). Dalam
upaya untuk mengurangi biaya masuk ke kelas utama balap, tim CRT akan
mendapatkan keuntungan dari penggunaan tunjangan bahan bakar lebih besar
dari pabrik dan tim satelit didirikan (24litres bukan 21) dan akan
diizinkan lebih banyak mesin di seluruh musim (delapan bukan enam). Tim CRT dalam kelas MotoGP juga akan berhak untuk membeli mesin dari sepeda pesaing CRT dengan harga tetap sebesar 15.000 euro. Sementara CRT chassis perlu menjadi prototipe, tim berhak untuk menggunakan produksi berbasis mesin.
Dengan semua perubahan ini, MotoGP kini telah memasuki era baru. Kedua
pabrik penuh dan sepeda CRT akan memiliki sasis ringan sekitar 150kg,
mesin-mesin mencapai output maksimum lebih dari 220 hp dan mencapai
kecepatan lebih dari 340km/hr. Teknologi kontrol elektronik terbaru yang digunakan di seluruh. Pesaing
bersaing untuk posisi di sekitar perlombaan 40-menit di sirkuit
beraspal dengan panjang 4 5km ~, dengan lap dibatasi sampai sekitar 110
hingga 120 km.
Pengendara
Italia, termasuk Valentino Rossi dan Giacomo Agostini, memiliki semua
waktu terbaik catatan, memenangkan total 20 gelar dalam kelas utama. Yamaha memiliki total 15 gelar, termasuk sepuluh di GP500 dan empat di MotoGP. Pabrik Yamaha Racing memenangkan Triple Crown judul Rider Team dan Produsen tiga tahun berturut-turut, 2008 - 2010.
0 komentar:
Posting Komentar